Cara Berjualan Online Dengan Sistem Dropship Tanpa Stok Barang

- 06:40
Berjualan online dengan pola sistem Doropship atau Dropshipping adalah Menjual barang kembali dengan keuntungan yang sudah kita tentukan sendiri tanpa memiliki  stok barang secara online atau offline.

Orang yang berjualan online dengan sistem dropship ini, biasa di sebut dengan julukan "dropshipper".

Pelaku bisnis online dengan sistem dropship sangat mudah sekali dibedakan dengan reseller, yaitu pada ketersediaan stok barangnya.

Oleh karena itu, pelaku bisnis dengan sistem dropship ini sangat kuat di media online karena produk yang ditawarkan sangat beragam pilihan & banyak, sehingga pembeli tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Sedangkan pelaku bisnis reseller lebih kuat di offline, karena pembeli bisa secara langsung melihat stok ketersediaan barang & kondisi barang secara langsung.

Bagaimana Cara kerja sistem dropship? 

Kita mengambil produk dari toko suplier, lalu menjual kembali produknya ke toko online kita atau konsumen offline kita.  

Pada saat pembeli kita ingin membeli produk kita, kalian langsung membelikan kembali dari toko suplier.

Kelebihan Dan Kekurangan Berjualan Dengan Sistem Dropship


- Tidak ribet, mudah & praktis.
- Tanpa stok barang
- Peluang kerugian kecil
- Bisa menjual produl sebanyak mungkin

Kekurangan berjualan online dengan sistem dropship:

- Keuntungan kecil
- Tidak mengetahui kondis barang
- Sulit bersaing harga dengan suplier asli

Di mana tempat kita bisa menjual barang?

Kita bisa menjual barang di market pleace seperti: Shopee, lazada, tokopedia, buka lapak, zilinggo, dll.
Tidak hanya di market pleace saja, kita juga bisa menjualnya di media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Website, dll.

Selain itu ada juga dropshipper, yang menawarkan barangnya secara offline ke konsumen / teman - temanya secara offline dengan menunjukan foto & testimoni barang sudah diriview konsumen lain yang puas.

Berjualan online dengan sitem dropship di berbagai media ini, tentunya memiliki kesulitan & tantangan sendiri yang berbeda - beda.

Apa bedanya menjual produk di market pleace dengan di media sosial? 

Market pleace adalah tempat bertemunya penjual dengan pembeli dengan aturan pihak ketiga alias pihak market pleace itu sendiri secara online.

Berjualan online di marketpleace juga harus mengikuti peraturan yang sudah di tentukan oleh pihak market pleace, maka keamananya sudah pasti terjamin dari pada di media sosial yang rawan penipuan.

Cara kerja berjualan online di market pleace ialah, pembayaran uang dari konsumen tidak langsung masuk ke Saldo kita, melainkan ditahan dahulu oleh pihak marketpleace sampai barang terkirim & sesuai keinginan pembeli, baru setelah itu uang dilepaskan ke penjual.

Oleh karena itu, apabila  kita seorang dropshipper antar market pleace A ke B. Kita  harus menalangi uang pembeli tersebut dengan uang kita sendiri / madol hingga barang benar - benar sudah terkirim melalui pelacakan nomer resi sesuai jasa ekspedisi yang diminta oleh pembeli & barang yang kita kirim sesuai keinginan konsumen kita.

Pembeli juga bisa menggunakan fitur tambahan pada market pleace tertentu seperti Cicilan, COD, Free onkir, Caahback & reture  apa bila barang tidak sesuai oleh keinginan pembeli.

Nah, kalau kita berjualan di media sosial cenderung bebas & rawan penipuan seperti kita. Karena uang dari pembeli langsung masuk ke saldo ATM kita.

Sehingga pelaku bisnis online dengan menjual barangnya di media sosial dapat mengurangi tingkat kerpercayaan konsumen terhadap kita, dan pembeli juga tidak bisa berbuat lebih apabila barang tidak sesuai harapan.


Darimana kita bisa menemukan suplier? 

Suplier / produsen / tangan pertama bisa ditemukan di mana saja, entah dari luar negeri lalu menjualnya ke dalam negeri.

Suplier luar negeri  bisa kita temukan di webite / marketpleace luar negeri seperti: 1688, Alibaba Express , Amazon & Tabao.

Ada juga suplier dari dalam negeri bisa juga ditemukan di market pleace / akun media sosial suplier itu sendiri, oleh karena itu kita harus pinter - pinter memilih suplier yang tepat & amanah.


Untuk sekedar informasi, suplier lokal yang beragam jenis produknya rata - rata berasal dari kota besar misalnya Jakarta, Bandung, Solo & Surabaya.

Kriteria Suplier yang baik untuk kita dropship harus meliputi:
- Pengiriman cepat
- Ulasan konsumen baik
- Respon cepat
- Memiliki testimoni
- Mempunyai gambar asli
- Lokasi jelas
- Dll.

Semua tulisan ini tidak dapat dipahami lebih detail, apabila tidak dipraktekan langsung. Oleh, sebab itu simak vidio di channel youtube saya berikut ini.
 

Hiburan