Nonton Panjat Pinang Hari Kemerdekaan - Ridho Zamroni

Translate

Sunday, 13 August 2017

Nonton Panjat Pinang Hari Kemerdekaan


Pulang sekolah dengan aroma asam di tubuh melanda,  semua itu terhapus untuk satu tekat bersama kawan - kawan satu kampung menyemarakan kemerdekaan indonesia ke 72. Dan sekarang inilah waktunya untuk pergi ke lokasi anak - anak kampung berkumpul, menyelesaikan pembuatan perlombaan panjat pinang besok.

Padaha kebiasaan saya biasanya,  paling cuma bengong mandangin debu yang bertebaran sambil saya hitung satu per satu.  Walaupun begitu, untung saja hari ini ada kegiatan di luar rumah, jadi saya terbebas dari penyakit bengong yang melanda saya setiap harinya. 

Saya dan kawan - kawan mulai membuat bahan perlombaan panjat pinang,  walaupun sebenernya tidak memakai pohon pinang. Tetapi dari sebuah bambu yang di haluskan seperti pahanya syahrini. *Hehehe* 

Intinya kami semua pemuda kampung, mulai mgenghaluskan bambu dahulu menggunakan sebilah pisau dan amplas. Teriknya mataharipun mulai menyengat tubuh kami yang sedang bekerja ini, seakan sama halnya berada di penggorengan wajan dengan kucuran kringat sebagai minyaknya.  Hanya saja, berbau asam bukan dari kelapa sawit. 

Akhirnya setelah sore hari, pembuatan pohon pinang nipu telah selesai, begitupun juga pohon bambunya sudah berdiri dengan kokoh di hiasi puluhan hadiah seperti: 2 buah handphone, snack, air,  uang, kaos, buku, hp, beserta bendera merah putih di ujung yang menandakan lomba panjat pinang ini untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

*****

Keesokan hari,  acarapun di mulai. Para lelaki atlet panjat pinang segera bersiap dengan dada bidang hingga bergelambir yang berada paling bawah. Saya dan teman - teman duduk di tempat teduh bawah pohon sambil lihat para atlet panjat pinang beraksi.

Sayapun melihat salah satu atlet panjat pinang tersebut, tampak ada spesies kadas dan panu yang ada di punggung. Tetapi,  semua kekurangan yang ada di kulit tubuhnya berubah 360*.

lomba panjat pinang hari kemerdekaan 2017 agustus desa genjahan jiken bora ridho zamroni


Sekarang semua atlet berubah menjadi hitam legam tak ada salah satu yang berwarna putih, kecuali giginya yang masih kuning mengkilap.

Di saat saya menikmati perlombaan panjat pinang ini,  banyak sekali mulut - mulut ngedumel sendirian akibat terbawa emosi saat menonton.

"wooo...  Goblok!  Kurang sitik kok ora gelem mluncat". Suara penonton bernama juminten"

"Sui ne mboh ora ndang gage bar, mending muleh ngentas cawet karo sempakku ning penteran". Suara yu tinah, terlalu lama menunggu ingin pulang untuk ngambil jemuran bikini dan sempak yang masih di luar.

"Lee... Ati - ati katok mu mlorot ketok silet mu! ". Suara paijo berteriak ke atlet panjat pinang yang celananya mlorot.
lomba panjat pinang hari kemerdekaan 17 agustus 2017 genjahan,  bora,  jiken

panjat pinang hari kemerdekaan 17 agustus 2017 genjahan,  bukan,  blora

Setelah menunggu hampir 3 jam lamanya,  akhirnya lomba panjat pinang di hari kemerdekaan inipun sudah selesai. Tentunya di menangkan oleh teman saya sendiri. 

Kemenangan di raih tidak membuat para atlet panjat pinang iri,  justru semua bisa merasakan kehidupan di kampung sebenarnya.  Semua atlet berbagi hadiah yang terdapat pada perlombaan panjat pinang tersebut. 

panjat pinang kemerdekaan 17 agustus 2017 genjahan jiken blora

Sumber Gambar: Mbx Photography

19 comments:

  1. Panjat pinang memang hiburan yang keren

    ReplyDelete
  2. Lomba 17an yg sllu ditunggu2 hehe

    ReplyDelete
  3. Yang gue suka tiap kali perayaan kemerdekaan sih pesta rakyatnya.

    ReplyDelete
  4. seru ya tapi mungkin hrs dilihat lagi segi pengamanannya ya, soalnya kemrin itu ada berita yang jatuh dan meninggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah kalo untuk pengamanan mau gimana lagi ya? itu kan udah tradisi, jd cuma orang2 tertentu aj yg berani ikut panjat pinang

      Delete
  5. panjat pinang memang tradisi unik di indonesia

    ReplyDelete
  6. Seru ya acara panjat pinangnya
    Kalau ditempat dekat kos q sudah gak ada kelihatan lagi lomba 17an ini....

    ReplyDelete
  7. ngakak liat ekspresinya yang lagi panjat pinang

    ReplyDelete
  8. haha lucu juga gambar2nya :D lomba paling seru saat 17 agustus dan hadiahnya lumayan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. photografer nya nyari expresi ampe nggak merem sob

      Delete
  9. Tau g panjat pinang biasanya untuk pertubjukan wong londo dan pribumi sebagai pemainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan dulu mas, skrng di ambil positifnya aja deh.

      Delete
  10. Wkwkwk ngakak ceritanya btw memang seru banget sih panjat pinang ane liatnya suka ngakak ssndiri wkwk

    ReplyDelete
  11. panjang pinang itu paling seru ya cuma nonton aja haha :D

    ReplyDelete
  12. haha keliatan seru juga tuh... daerah mana mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ds genjahan kab blora jateng, mas. monggo mampir hehee

      Delete

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan komentar untuk poshtingan ini, tentunya sesuai peraturan / di hapus komentar kalian:

• Komentar secara relevan.

• Komentar secara sopan.

• Dilarang spam komentar.

• Dilarang menggunakan (Annonymouse).

• Dilarang menaruh link aktif, sebaiknya gunakan (Opend ID).