Saat Ramadhan Sampai Idul Fitri - Ridho Zamroni

Translate

Sunday, 25 June 2017

Saat Ramadhan Sampai Idul Fitri



Assalamualaikum WR WB. Bulan ini merupakan bulan yang di tunggu - tunggu semua umat muslim, entah itu dari indonesia maupun manca negara. Karena bulan ini adalah bulan Ramadhan. Tidak hanya itu, hari ini saya menulis artikelpun juga merupakan hari yang sangat spesial, dimana sekarang ini adalah hari raya idulfitri yang merupakan puncak dari bulan ramadhan. Setelah kita berpuasa sebulan lamanya dengan menahan lapar, haus dahaga, dan hawa nafsu. Lalu kini kita telah merayakan itu semua dengan merayakan hari raya idul fitri  dengan bermaaf - maafan ke semua sanak saudara kita maupun halayak luas.

Dari semua rintangan untuk menjalankam ibadah puasa dan sekarang ini kita telah mencapai puncaknya, yaitu hari raya idul fitri atau lebaran. Pasti kita semua mempunya kisah - kisah yang tidak permah dilupakan bukan? Maka dari itu, melalui blog inilah saya akan membagi kisah saya sendiri saat bulan ramadan kemarin, hingga hari raya idul fitri atau biasa di sebut lebaran.

Puasa bolong 8 hari, memang sih puasa saya masih kalah dengan kalian bahkan anak kecil di bawah usia saya yang kuat berpuasa satu bulan penuh. Bagi saya yang terpenting pengakuan ini asli dan tentunya lebih baik dari tahun kemari 2016. Sebab, waktu itu saya justru tidak puasa sama sekali. Astafirullahhaladzim, tapi itulah saya. Karena dulu saya setiap di sekolahan terdapat warung yang berada di depan sekolahan dengan pintu terbuka, begitupun juga isinya juga terdapat makanan nasi pecel yang sangat menggoda keimanan tipis saya ini.

Lalu mengapa Puasa Tahun ini bolong 8 hari saja, tidak seperti tahun kemarin? Ngabuburit merupakan kunci dari saya berpuasa, karena ketika itulah saya dapat melupakan perut yang keroncongan dengan melakukan aktivitas seperti: coding di warnet, nge-Blog, maen game online, bajak wiffi tetangga, kluyuran, dan satu hal yang sering saya lakukan adalah TEPE - TEPE di pinggir jalan sama teman - teman.

Ngabuburit saya yang terakhir itu memang terlihat sangat Ndeso / Alay, dengan menatap wanita yang sekiranya cantik sambil tebar pesona supaya wanita tersebut tertarik. tapi justru waktu itulah saya bersama kawan - kawan merasa senang menjadi hiburan kita  bisa bercanda bersama, ngobrol bersama, dan ejek - ejekan sewajarnya, daripada saya sendiri terus menerus tidak pernah ber sosialisasi bahkan dampak terburuknya kalau kita berdiam diri di rumah saja ialah kita semakin "kuper" alias kurang pergaulan. Jadi janganlah kalian selalu berdiam diri di rumah terus menerus, ingat! Dunia tak sesempit kamarmu itu.

Membangunkan orang sahur, di daerah saya biasa disebut "Thetek" kalau di daerah kalian apa? (jawab di kolom komentar). Setiap hari selama bulan ramadhan kita bersama kawan - kawan selalu membangunkan orang yang akan sahur tanpa imbalan sepeserpun hanya berbekal keiklasan hati, alat - alat musik yang saya mainkanpun dengan seadanya seperti: kentongan, jerigen, gamelan, kaleng Bekas, dan Gong. Seperti video berikut ini:




Menang Kontes Blog spesial Ramadhan, alhamdulilah puji tuhan saya sebagai blogger pemula dapat bersaing dengan para blogger yang sudah profesional maupun berdomain TLD. Satu minggu saya buat artikel, ngedit kalimat secara berulang - ulang, dan menyuruh teman saya untuk baca juga secara berulang - ulang. Akhirnya kerja keraskupun di kabulkan oleh Allah SWT yang memenangkan saya dalam contest blog special ramadhan dari "lazada.co.id" masuk 10 Besar.

Memangsih hadiahnya belum seberapa, tapi bagi saya hadiah tersebut kalau dalam bentuk uang bisa untuk ganti uang jajan saya selama 1 bulan. Yang terpenting bagi saya dapat prestasipun sudah cukup, karena tujuan saya ikut blog saat itu untuk memperlihatkan kualitas tulisan saya saja bukan gara - gara hadiahnya, bahkan hadiahnyapun tidak saya ambil sampai sekarang "demi allah". Berikut ini adalah link pemenang saat ikut contest nge-blog Contest Blog Spesial Ramadhan Dari Lazada

ridho irkham zamroni masuk 10 besar dalam kontes / lomba blog spesial ramadhan dari toko online shop lazada.co.id

Sholat ID di tengah jalan, munkin bagi kalian hal ini sudah biasa bukan? Dengan masjid yang sepi hanya 3 - 5 baris saja saat sholat selain bulan ramadhan. Tapi ketika bulan ramadhan tiba masjidpun menjadi ramai, seperti yang saya alami di masjid daerah saya, ketika taraweh tiba masjidpun berubah menjadi taman kanak - kanak, bukan  maksud saya rasis tapi ucapan saya tersebut hanya perumpamaan saja dan saya juga orang islam. Kembali ke topik, pasalnya ada pedagang di masjid untuk menjajakan daganganya karena terdapat banyak sekali anak - anak kecil yang main di sekitaran masjid di daerah saya ini.

Tidak hanya itu, bahkan anak kecil yang sering mengganggu ke khusukan orang lain sholat. sebab, anak kecil tersebut di ajak oleh orangtuanya ke masjid supaya latihan beribadah. Faktanya, anak kecil tersebut justru bermain bersama teman sebayanya, teriak teriak, jalan - jalan di barisan jama'ah yang sholat, dan seperti yang sampaikan tadi, yaitu: asik jajan di pelataran masjid.

Bagi saya, hal tersebut tidak masalah selama tidak membatalkan orang yang sholat karena itulah yang namanya memang masa kanak - kanak. Orang tua yang mau mengajak anaknya ke masjidpun sudah termasuk baik, supaya kelak dia bila besar nanti selalu sholat di masjid dan menjadi anak soleh.

Selain saat taraweh, masjid membludak ketikan sholat ied tiba, pasalnya orang - orang yang berada di kota besar untuk mencari pekerjaan dengan embel - embel gaji besar akan pulang kampung ke kampung halaman untuk bagi - bagi THR / Galak Gampil sebutan untuk di daerah saya, berma'af - ma'afan dengan orang sekitar maupun tetangga yang berada di kampung halaman walau sebenarnya orang yang di ajak ma'af - ma'afan tersebut tidak pernah ketemu, bahkan ketemu setahun sekali. Berikut inilah foto saya bersama tetangga samping rumah ketikan sholat ied di jalan.

Rizal, Roy, Ridho (saya), dan Raka.
Itulah kegiatan saya saat bulan ramadhan tahun 2017 ini, untuk saya ingat di kemudian hari melalui blog ini. Bila ada tanggapan maupun pengalaman unik dan aneh kalian saat ramadhan kemarin, silahkan berkomentarlah di kolom komentar supaya kita semua dapat berbagi kisah, jangan lupa shere dan ikuti updatean artikel saya selanjutnya. 

Cukup sekian dari saya bila ada kata - kata kasar maupun kurang berkenan, saya minta maaf sebesar - besarnya karena saya juga manusia tidak luput dari kesalahan, terimakasih sudah berkynjung asalamu'alaikum WR WB.

19 comments:

  1. Mantaf dah kegiata ramadhan nya :)

    Tinggal tingkatkan lagi kemampuan puasanya ya.... :))

    ReplyDelete
  2. njir temen nya anak punk semua wkwkwk jadi inget nih waktu ane bangunin sahur pas tahun kemarin , sayangnya taun ini gk bisa ikut bangunin sahur

    ReplyDelete
  3. hahaha aku juga gak bisa bangunin sahur. ngantuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ente begadang nnti malah di marahin mamak mu wxwxwx

      Delete
  4. Jadi inget bulan ramadhan bulan lalu nih. Jadi sedih rasanya ditinggal bulan suci ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditinggal siapa gan? sepertinya miris bngt

      Delete
  5. inspiratif gan! lanjutkan keep writing ^^

    ReplyDelete
  6. wah puasanya harus segera dibayar ya hehehe. Di daerah rumah saya juga kalau sholat id di tengah jalan, di tengah tengah pasar. kebayang ngga tuh hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kalau bersih mah gpp, tp klo sampah dn bau masih tercium baru ngeri wxwx. thx kunjunganya

      Delete
  7. mantap jiwa gan, saya mau buat cerita kehidupan saya, tapi bingung mau mulai dari mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah enak blog life style gan, gk perlu capek2 nyari materi. thx kunjunganya

      Delete
  8. mohon maaf lahir dan batin ya ridhoooo...
    setiap tahun aku juga kebagian sholat di tengah jalan, karena masjid nggak cukup, padahal udah dua lantai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong, yang tadinya sekampung cukup. gara gara orang kota mudik dateng jadi luber ampe je jalanan. hehee

      Delete
  9. Tingkatkan ya gan biar gak bolong lagi puasanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap sob, ini mah masih mending dr kemarin yg cuma puasa 5 hari, itupun masih dipertanyakan sah atau tidaknya.

      Delete
  10. jangan lupa buat artikel idul adha mas,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jelas lah, thx uda ngingeti hehee

      Delete

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan komentar untuk poshtingan ini, tentunya sesuai peraturan / di hapus komentar kalian:

• Komentar secara relevan.

• Komentar secara sopan.

• Dilarang spam komentar.

• Dilarang menggunakan (Annonymouse).

• Dilarang menaruh link aktif, sebaiknya gunakan (Opend ID).