Kenakalan Massa Remaja - Ridho Zamroni

Translate

Sunday, 6 August 2017

Kenakalan Massa Remaja



Kenakalan remaja pada dasarnya merupakan permasalahan sosial atau penyimpangan sosial yang tidak sesuai dengan norma dan adat istiadat dalam masyarakat. Kenakalan remaja ini biasa didominasi oleh  kalangan anak SMP, SMA dan sederajat. Mengapa anak SMP dan SMA dikatakan sebagai kelompok yang paling mendominasi kenakalan remaja?. 

Hal ini karenakan banyak yang berpendapat bahwa memang benar remaja SMP dan SMA lah yang paling sering melakukan tindak penyimpangan. Sebab pada usia ini, seseorang masih sangat labil dan mudah terpengaruh oleh hal-hal dari luar baik positif ataupun negatif. Namun pada dasarnya faktor negatif inilah yang paling cepat merasuki diri para remaja.

Para remaja juga memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar sehingga ia sangat suka mencoba hal-hal baru tanpa memikirkan apakah itu baik atau buruk. Banyak juga yang mengatakan bahwa diusia ini seseorang cenderung tidak suka berpikir panjang. 

Bentuk dari kenakalan remaja ini seperti tauran, balapan motor, minum minuman keras bahkan sampai pada tindak yang dapat merusak moral bangsa yakni pengunaan narkotika atau narkoba. Banyak yang mengatakan bahwa kenakalan remaja ini terjadi akibat dari berbagai faktor misalnya faktor keluarga.

Sering dikatakan bahwa kenakalan remaja akibat keluarga yang berantakan. Seringkali emosi seorang anak akan membeludak sesaat ketika keluarganya pecah, kedua  orang tuanya sering cekcok atau berkelahi sehingga tercipta broken home. 

Hal-hal seerti ini yang menyebabkan sang remaja tak betah dirumah dan pada akhirnya akan mencari hal-hal baru sehingga mereka terjerumus pada pergaulan yang negatif. Selain faktor keluarga adapun faktor lainnya ialah teman sepermainan. Ada juga yang berpendapat bahwa teman sepermainan memiliki andil terpenting dalam hal ini. Dari teman sepermainan itulah segala bentuk pergaulan masuk dalam diri seorang remaja.

Sering kali pergaulan dapat merubah jati diri seorang remaja misalnya remaja yang memiliki kepribadian pendiam menjadi pembangkang. Terkadang ada teman yang membawa dampak positif bagi seorang remaja misalnya yang akan menambah motivasi untuk belajar namun ada pula teman yang akan membawa dampak negatif pada seorang remaja. 

Hah -hal yang negatif inilah yang perlu diajauhi. Kemudian faktor  selanjutnya dalah lingkungan tempat tinggal. Terkadang lingkungan tempat tinggal ini akan mempengaruhi sifat seorang remaja. 

Misalnya seorang remaja yang tinggal di lingkungan yang tenang dan damai akn membuat seorang remaja itu memiliki sikaap yang baik dan ramah. Namun akan berbeda dengan seorang remaja yang tinggal dilingkungan yang keras kemungkinan remaja tersebut akan memiliki sifat yang kasar dan pemberontak.

 Solusi dari persoalan-persoalan yang menjadi penyebab dalam kenakalan remaja tersebut perlu adanya perhatian khusus serta pemahaman yang baik serta penanganan yang tepat terhadap remaja merupakan faktor penting bagi keberhasilan remaja di kehidupan selanjutnya, mengingat masa ini merupakan masa yang paling menentukan.

Selain itu juga perlu adanya kerjasama dari remaja itu sendiri, orang tua, guru dan pihak-pihak lain yang terkait agar perkembangan remaja di bidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya dapat dilalui secara terarah, sehat dan bahagia.

2 comments:

  1. masa remaja itu emang paling seruu

    ReplyDelete
  2. Memang kalau udh masuk masa remaja....

    Pergi rusuh... kelas sebelah dll 😂😂

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan komentar untuk poshtingan ini, tentunya sesuai peraturan / di hapus komentar kalian:

• Komentar secara relevan.

• Komentar secara sopan.

• Dilarang spam komentar.

• Dilarang menggunakan (Annonymouse).

• Dilarang menaruh link aktif, sebaiknya gunakan (Opend ID).